Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Darurat Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fahmi Hakim
Vilgensius Hafriano Hafrin
Suardi Hi Baharuddin

Abstract

Perkembangan dalam bidang pendidikan sangat dipengaruhi oleh kemajuan Teknologi Informasi, tidak lagi sekedar mencakup sebagai media komunikasi namun juga sebagai pusat informasi, maanfaat dari hadirnya teknologi informasi sangat dirasakan dimasa COVID-19, terutama dalam bidang pendidikan, dimana sistem pembelajaran konvensional harus diubah menjadi e-learning atau pembelajaran daring, guna memutuskan rantai penyebaran virus COVID-19. Media pembelajaran daring yaitu melalui Whatsapp grup, Zoom, Google Classroom, Microsoft Team, Google Meet, dan sebagainya, semua media tersebut merupakan paduan dari perkembangan Teknologi dan Informasi yang akhirnya dapat memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisa apakah dengan peranan teknologi informasi terbukti mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dimasa COVID-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus sehingga data yang dipaparkan mudah diapahami. Data yang dianalisa berasal dari website, jurnal, dan melakukan analisa berdasarkan pola pelaku tenaga didik dan peserta didik dalam menjalankan e-learning dengan memanfaatkan media sosial sebagai media wawancara. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat diungkapkan bahwa (1)Teknologi informasi mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran terutama di masa COVID-19, (2)Kelebihan, kekurangan serta kendala yang ditemukan dalam penggunaan media teknologi informasi sebagai solusi media pembelajaran, (3)penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hakim, F., Hafrin, V. H., & Hi Baharuddin, S. (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Darurat Covid-19. Jurnal Informatika Progres, 12(2), 75-88. https://doi.org/10.56708/progres.v12i2.215

References

APJJI. 2020. Laporan survei APJII 2019-2020 (Q2). 146, 15-16.

BPS. 2020. Statistik E-commerce 2020. No. 06326-2004. 88, 20.

Dosen pendidikan. 2020. Efektivitas rumus, kriteria, dan teorinya. Online di https://www.dosenpendidikan.co.id/efektivitas-adalah/. Diakses 11 Januari 2021.

Ely Agustina. 2014. Perkembangan pemanfaatan e-learning di Indonesia. Vol.13.No.1.10,3.
Idcloudshost. 2016. Pengertian Internet of Things (IoT). Online di https://idcloudhost.com/pengertian-internet-of-things-iot/. Diakses 9 januari 2021.

Jeanete Ophilia Papilaya, Neleke
Huliselan. 2016. Identifikasi gaya
belajar siswa. FKIP, Universitas Pattimura. Vol.15.No.1.8,3.

Nurlinda La Ucu1, Sary D.E. Paturusi, Sherwin R.U.A Sompie. 2018.
Analisa Pemanfaatan E Learning Untuk Proses Pembelajaran. Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia. Vol. 13. No.1.8,2.

Wahyu Aji Fatma Dewi. 2020.
Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Universitas Kristen Satya Wacana. Vol.2.No.1.7,2.