AUTHORING TOOLS ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ON-LINE PADA STMIK PROFESIONAL MAKASSAR (STUDI KASUS MATAKULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Authoring tools interaktif berbasis web merupakan salah satu solusi pengembangan proses belajar mengajar pada perguruan tinggi khususnya ilmu komputer. Seperti halnya pembelajaran pada mata kuliah algoritma dan pemrograman dengan pokok bahasan logika dan dasar pemrograman, authoring tools adalah cara tepat untuk meningkatkan mutu dosen pengajar dasar pemrograman dalam memberikan materi kepada peserta didik dengan tingkat produktifitas materi yang lebih banyak dalam waktu 100 menit untuk proses belajar mengaja . Bagi mahasiswa media Authoring tools ini bisa digunakan secara mandiri dalam mempelajari dasar pemrograman karena authoring tools dilengkapi dengan panel interaktif seperti panel code source, bagan algoritma flowchart serta simulasi variabel dan data yang dapat menambah motivasi mahasiswa maupun dosen dalam proses belajar maupun mengajar. Hasil yang ingin dicapai dengan adanya aplikasi authoring tools Interaktif ini akan memberikan nuansa yang menarik dalam proses belajar mengajar yang tidak lagi monoton dan kurang menarik bagi mahasiswa akan tetapi lebih interaktif antara dosen maupun mahasiswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Rustam Mundilarto, Penelitian Tindakan Kelas, (Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2004), hal. 1.
Suharsimi Arikunto, dkk , Penelitian Tindakan Kelas, hal. 2-3.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Proses, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 1985), hal. 40.
Husaini Usman & Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004), hal. 6.
Zainal Aqib. Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung: Yrama Widya, 2006), hal. 41.
Suharsimi Arikunto, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, hal.16.